https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=8803

Installasi E-Learning dengan Moodle


Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment.

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat mendownload aplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org. Saat ini Moodle sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi di lebih dari 160 negara didunia.

Sebelum instalasi Moodle, kita membutuhkan web server dan database, kali ini kita akan menginstallasi moodle dengan menggunakan paket XAMPP (Paket yang sudah ter-include Apache server dan Database MySQL). Klo belum punya bisa di download disini. Sebelum kita installasi moodle, kita bikin dulu Database untk moodle dengan mengetikkan http://loclhost/phpmyadmin

Setelah buat Database, masuk ke folder XAMPP yg sudah terinstall (Contoh: C:\xampp\htdocs), Copy-kan moodle ke folder tersebut, lalu ketikkan pada browser anda http://localhost/moodle/install.php maka akan muncul tampilan seperti ini:

Pada awal proses instalasi akan ditampilkan sebuah halaman untuk memilih bahasa saat proses instalasi. Pilih bahasa yang sesuai dengan keinginan Anda pada bagian Language. Setelah itu klik tombol “Next”.
Selanjutnya sistim akan memeriksa konfigurasi pada web server Anda. Proses akan berjalan dengan baik bila seluruh pemeriksaan sistim menunjukkan tulisan “Pass” pada semua proses pemeriksaan.

Setelah itu klik tombol “Selanjutnya”. Maka akan ditampilkan bagian konfirmasi untuk letak aplikasi Moodle utuk Web Address, Moodle Directory dan Data Directory.

Bila Anda setuju pada konfigurasi tersebut, maka klik tombol Next
Setelah itu akan ditampilkan pengaturan konfigurasi database. Saat ini aplikasi Moodle bisa digunakan pada database MySQL dan PostgreSQL. Pilihkah jenis database yang digunakan pada bagian Type. Isilah bagian Host Server, Database, Pengguna, Password dan Tables Prefix. Kemudian klik Selanjutnya.

Kemudian akan ditampilkan status server Anda dan kebutuhan sistim aplikasi Moodle. Lalu selanjutnya kita Klik tombol Selanjutnya sampai proses selesai...

Jika anda merasa terbantu dan mendapatkan informasi yang penting pada artikel Installasi E-Learning dengan Moodle, ada baiknya meluangkan sedikit waktu anda untuk berkomentar, komentar anda akan sangat membantu Vainit in Design untuk terus berkarya, dan juga membantu pengunjung yang lainnya untuk menjadikan artikel Installasi E-Learning dengan Moodle sebagai referensi yang baik bagi mereka. Terima kasih.

0 Response to "Installasi E-Learning dengan Moodle"

Post a Comment