https://masterkey.masterweb.com/aff.php?aff=8803

Tahap Instalasi Linux

Menginstal OS Linux memang Beda dengan Nginstal Windows.. Pengalaman gw pas nginstal juga agak canggung.. tapi gapapalah namanya juga pengen berubah. Pengalaman gw nginstal Linux pake Ubuntu 9.10 atau Karmic Koala.. namun disini gw mw berbagi cara ngintstal OS Linux secara Umum.

Tahap Instalasi Linux :
1)Memasukan CD Installer Linux :
2)Pemilihan Mode Installasi : Text - GUI
3)Pemilihan Bahasa OS
4)Pemilihan Zona & Negara
5)Partisi Harddisk : > MANUAL > Free Space > Partisi / dan Partisi Swap
  Minimal Partisi untuk Linux :
  -swap (Virtual memory) = 2xmemory real (memory < 1GB)
  - / (root) = menyimpan data
  Ubuntu Desktop : min HDD 8 GB
Contoh :
  HDD : 250 GB
  C:>100 GB : free 60 GB
  D:>150 GB : free 100 GB --> resize 75 GB -- Free 15 GB (Linux)

 Partisi / (root)
 Filesystem Linux :  - Ext4 (Ubuntu 9.10)
        - Ext3 (Default)
        - Ext2
        - Reiserfs  
        - JFS
6)Setting Network (IP,DNS Client,GW,HOSTNAME)
7)Pemilihan Software (Desktop,Server,Base,ETC)
8)Pengaturan Account User :
  - Setting Password root
  - Menambahkan User
9)INSTALL

dari 9 cara Instalasi Linux, menurut Gw yang paling Kritis adalah No.5.. dimana No.5 adalah Partisi Harddisk. Jika nginstal dari harddisk yang kosong si ga masalah, namun bagi anda yang mau nginstal OS wnidows + Linux atau biasa di sebut Dual Booth mohon berhati-hati, soalnya jika salah mempartisi, data penting anda bisa ke hapus. so berhati-hatilah dan selamat mencoba... semoga bermanfaat

0 Response to "Tahap Instalasi Linux"

Post a Comment